Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rencana Liburan Akhir Tahun Ini di Berastagi

Akhir tahun yang identik dengan libur panjang rasanya mubazir kalau hanya dihabiskan untuk glundang glundung di kasur. Jadinya aku punya rencana mengisi hari libur dengan jalan-jalan.

Tujuan yang menarik untuk akhir tahun ini seperti destinasi di Sumatra. Karena kalau ke pulau Jawa sudah beberapa kali. Selain itu juga aku merasa agak aneh sebagai warga Sumatra tapi cuma di ujung selatan saja belum pernah menjelajah ke daerah Sumatra lain.

Destinasi berastagi
Sumber: www.Instagram.com/@berastagi_

Baiklah, aku putuskan untuk pergi ke Sumatra Utara. Wilayah yang beribu kota Medan ini punya beberapa destinasi yang pas untuk menghabiskan masa pergantian tahun. Aku buat agenda kunjungan ke daerah Berastagi. Karena disana merupakan kota wisata populer di Sumatra Utara. Jaraknya sekitar 66KM dari kota Medan.

Ada beberapa tempat wisata Berastagi yang ingin aku kunjungi, setelah mencari-cari referensi dari internet. Dari sekian banyak destinasi yang direkomendasikan ada 4 destinasi yang sangat ingin aku datangi, yaitu

Menyambut Matahari Terbit di Puncak Bukit Gundaling


Karena tujuan liburan adalah melepas segala yang pikiran buruk di tahun 2019 dan bersiap siaga menyambut 2020. Jadilah tempat yang dikunjungi harus menyejukkan dan menenangkan. 

Menurut rekomendasi Puncak Bukit Gundaling ini cocok untuk melepas penat. Apalagi dipercaya sebagai spot yang cocok untuk melihat matahari terbit atau tenggelam. Makanya aku masukan dalam daftar kunjunganku disana. Memulai hari dengan melihat yang indah-indah.

Selain itu, pemandangan yang bisa dilihat dari puncak bukit adalah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak yang masih aktif. Keren banget pastinya kan.

Danau Lau Kawar, Kuta Gugung


Danau Toba yang terkenal sebagai ikon Sumatra Utara ternyata bukan satu-satunya danau cantik yang ada disana. Danau Lau Kawar juga menawarkan keindahan alam yang tidak kalah indah.

Danau ini ada di lereng gunung sinabung. Pasti bakal sejuk kan suasananya disana. Pas banget untuk mendinginkan pikiran. Duduk di tepiannya sambil menikmati hamparan air danau yang bersih pasti sangat menyenangkan.

Air Terjun Sikulikap


Air Terjun Sikulikap berada di Desa Boulu, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Keberadaan air terjun ini masih sangat alami karena berada di tengah hutan hujan tropis. Ketinggiaannya sekitar 30 meter dan bila dilihat secara langsung lebih mengagumkan katanya. 

Aliran air berasal dari sumber di Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan dan membentuk air terjun di tebing dengan aliran cukup deras. Kalau berkunjung kesana harus menyiapkan sepatu yang nyaman dan cocok untuk medan yang licin ya.

Desa Wisata Budaya Peceren


Desa ini dikenal sebagai desa yang masih memegang teguh tradisi dan budaya suku Karo. Lokasinya berada di bagian utara Berastagi. Nama yang tercatat di pemerintah sebenarnya adalah Desa Sempajaya, namun masyarakat lebih mengenalnya sebagai Desa Peceren. 

Warga Desa Peceren sekarang sekitar 700 keluarga. Pengunjung bisa belajar tentang kebudayaan suku Karo disana. Karena disana ada enam rumah adat Karo yang masih bertahan. Empat diantaranya masih dipergunakan hingga sekarang dan salah satu rumahnya ada yang berusia sekitar 200 tahun.

Setelah berada disana mungkin bisa bertambah daftar kunjungannya sih, tapi empat destinasi itu yang sangat ingin aku datangi nanti.

Setelah mencari referensi tentang destinasi tujuan wisata. Selanjutnya harus menentukan tempat menginap yang strategis. Yaitu penginapan atau hotel yang lumayan dekat dengan lokasi yang ingin dikunjungi.

Cari hotel berastagi di Pegipegi
Cari Hotel di Pegipegi

Tidak perlu bingung mencari kemana, aku langsung buat pencarian Hotel di Berastagi dari website Pegipegi. Banyak rekomendasi yang ditawarkan dan bisa cek fasilitas agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Satu Hotel telah ditentukan yaitu Grand Orri Hotel Berastagi. Hotelnya dikelilingi kebun sayuran, karena memang mempunyai konsep agrowisata. Itu alasan yang menarik untuk memilih hotel ini.

Semoga rencana bisa terealisasi dengan baik. PR nya sekarang adalah mencari partner yang mau diajak jalan kesana nih. Kalau dapat dan cocok, berangkatin. :D

2 komentar untuk "Rencana Liburan Akhir Tahun Ini di Berastagi"

  1. Teman kantor ada yang asli Medan suka cerita soal Brastagi ini yang katanya emg top.

    Smg lancar yah mb liburannya

    BalasHapus
  2. Haiyah bentar lagi libur akhir tahun, dududu. Kemana kemana yaaa, pikiran udah kemana2 badan masih di sini aja. Aman sih kl ada pegipegi

    BalasHapus

Berlangganan via Email