Penyebab Hidung Meler dan Mampet

Apa coba hubungan antara musim hujan dan hidung? Haha.. entahlah apa sebutan antara keduanya. Tapi yang jelas, jika musim penghujan tiba maka kebiasaan yang muncul adalah banyak hidung-hidung yang meler. Ingusan dan sulit bernapas karena mampet. Betul begitu, kan?

Hidung Meler dan Mampet

Penyakit hidung meler dan mampet memang sering terjadi ketika musim hujan walaupun bukan di musim hujan juga bisa juga. Ternyata ada beberapa faktor yang membuat ingus di hidung itu mampet dan meler. Tetapi secara umum disebabkan virus flu.

Kondisi penyakit pernafasan yang tiba-tiba mengalami meler harus dilakukan lebih lanjut jika dirasa ada penyebab yang tidak biasa. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah gejalanya disertai bersin-bersin, hidung gatal, dan tersumbat. Bisa saja hidung meler disebabkan karena penyakit rhiniti maupun alergi. Selain itu kamu bisa kunjungi https://www.goapotik.com/promo/domperidone untuk mendapatkan promosi obat-obatannya. 

Penyebab Hidung Meler dan Mampet


1. Infeksi Sinus


Salah satu penyebab hidung meler disertai mampet adalah infeksi sinus. Biasanya diiringi dengan demam, batuk, badan lemas, keluarnya cairan berwarna putih atau kuning yang kental dari hidung. Infeksi dapat terjadi saat bakteri mengakibatkan iritasi lalu infeksi.

2. Alergi Benda Tertentu


Hidung adalah area sensitif yang bisa iritasi dan mengeluarkan air. Dapat pula terjadi karena paparan akut mengakibatkan alergi membuat hidung gatal, bengkak bagian dalam. Gejala awalnya membuat bersin berkali-kali dan memproduksi lendir jernih. 

3. Makanan Terlalu Pedas


Jika kamu adalah pecinta makanan sangat pedas maka harus berhati-hati. Terkadang, hidung terlalu peka dan menjadi stimulasi saraf. Ada jenis saraf yang terletak di rongga sinonasal berfungsi merangsang produksi lendir lebih banyak. Saraf inilah yang sensitif dari makanan pedas.

4. Menangis


Ketika kamu menangis dapat menyebabkan hidung menjadi meler. Pasalnya air mata mengalir menuju hidung melalui saluran pernafasan hidung. Tetapi penyebab ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena berlangsung hanya beberapa menit. Setelah berhenti menangis maka cairan yang keluar dari hidung akan berhenti juga.

5. Polip Hidung


Penyebab hidung meler dan mampet karena terjadi polip hidung perlu diperhatikan. Polip adalah pertumbuhan suatu selaput lendir dalam hidung. Bentuknya seperti jelly serta terdiri dari berbagai sel inflamasi. Sel-sel inilah yang menyebabkan cairan meler dari hidung secara kronis.

Polip hidung cukup berbahaya jika tidak ditangani sesegera mungkin karena mengakibatkan penurunan indra penciuman. Selain itu, wajah juga akan terasa tertekan hingga penderita mengalami kesulitan bernapas. Selaput lendir karena polip ini akan terus bertumbuh dan harus dilakukan tindakan pembedahan.

6. Berolahraga Ketika Cuaca Dingin


Olahraga diluar ruangan ketika cuaca dingin melanda juga memicu keluarnya lendir dari hidung. Penyebabnya adalah terjadi peningkatan aliran darah dan peradangan di area ini. Jika nekat berolahraga dalam suhu rendah menjadikan kondisi tubuh dua kali lebih parah.

Dokter menganjurkan agar melakukan olahraga ketik suhu sedang stabil atau hangat. Apabila hidung terasa mulai meler dan mampet jangan ragu segera mengonsumsi obat hidung mampet dan hidung meler. Obat tersebut dapat dibeli dari apotik terdekat, sementara obat herbalnya seperti air jahe hangat dan teh hangat tawar.

Jangan sepelekan hal-hal biasa terjadi tapi pada keadaan yang tiada biasa ya. Tubuh kita itu baik, selalu memberi sinyal-sinyal pada kita saat terjadi sesuatu yang tidak beres pada kinerja salah satu organnya. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya. Salam olahraga :D

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

4 komentar:

  1. Beda dengan Coklat kalau kena papanas malang jadi meleleh, lihatya pun beda iyakan coba bayangin keduanya

    BalasHapus
  2. sering banget kalau hawanya dinginn, apalagi kalau waktu hujan, duhh hidung mampet pusing

    BalasHapus
  3. Nah, ini sudah mulai ada hujan di beberapa daerah. Pasti banyak hidung2 yg meler...

    BalasHapus
  4. Gw kalo lagi drop hidung langsung meler, hadehhh

    BalasHapus