Kucing Sakit Tapi Jauh Dari Klinik Hewan, Gabung KSKI Saja

Pecinta kucing pasti kalau pulang dari bepergian, yang dicari-cari adalah sambutan si mpus yang udah kangen di rumah. Biasanya sih mpus yang sudah akrab dengan pemiliknya akan mendatangi terlebih dahulu kalau terdengar sang majikan pulang.

Jadi makin semangat pulang kalau di rumah ada yang bahagia saat kita pulang kan. Selain keluarga, ada lagi anggota yang senang kita pulang, yaitu kucing di rumah. Ini yang jadi nilai tambah buat pecinta kucing sayang dengan binatang lucunya ini.

Teman segala suasana

Bisa diajak main-main, dijahili dan untuk teman bermalas-malasan. Kalau yang terakhir terlihat jujur ya. :D

Kucing adalah hewan peliharaan yang aktif dan cocok sekali untuk mengusir kebosanan. Walaupun memang jam istirahatnya alias jam tidurnya sangat panjang. Lelah bermain-main pasti dia akan segera cari tempat nyaman untuk merebah dan terlelap.

Penggambaran tentang kucing di atas adalah penilaian pribadi saya sebagai pecinta kucing. Jadi, menjadi pecinta kucing saya sudah sangat merasa terhibur hanya dengan menggendong kucing kemana-mana. 
Tapi ada waktu dimana saya merasa sangat bingung dan tidak tahu harus bagaimana. Yaitu waktu kucing biasanya tidur dengan perutnya yang gendut karena kekenyangan, tiba-tiba lemas terkapar tak berdaya bahkan tidak mau makan.

Dipancing-pancing dengan makanan yang biasanya paling dia suka sudah tidak mempan. Memang seharusnya kalau kejadian sudah seperti ini harus segera dibawa ke klinik hewan untuk penanganan yang tepat.

Tapi bagaimana jika pecinta kucing itu tinggal jauh dari kota, sedangkan adanya klinik khusus hewan itu kebanyakan berada di kota. Pet shop khusus kucing pun masih jarang yang buka di kabupaten.

Salah satunya saya, sebagai pecinta kucing "low budget" yang tinggal di daerah yang harus menempuh perjalanan  kurang lebih 2 jam ke kota. Sangat kebingungan menghadapi situasi kucing sakit parah.
Kenapa low budget, ya karena selama memelihara kucing. Hanya sebatas memberi makan dan minum, dimandikan secara rutin saja. Untuk vaksinasi belum pernah dilakukan. Jika sakit, pertolongan yang dilakukan hanya memberi susu atau madu saja.

Beberapa kali harus merelakan kucing kesayangan tidak bisa selamat dari sakit karena tidak tahu lagi harus berbuat apa. Kalau coba-coba memberi obat yang biasa untuk manusia dengan dosis dibuat sedikit, takutnya malah mal praktek. :(

Grup Pecinta Kucing

Tapi baru-baru ini saya seperti dapat pencerahan. Jadi, beberapa waktu lalu muncul postingan grup di beranda Facebook. Isinya tentang pecinta-pecinta kucing dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dan karena merasa sealiran, akhirnya saya ikut bergabung ke grup itu. Ternyata manfaatnya luar biasa. Isinya bermacam-macam cerita tentang kucing. 

Dari postingan tentang kucing setelah melahirkan, saling berkirim foto kucing kesayangan. Memberi masukan dan pengalaman tentang makanan yang bagus untuk kucing. Sampai pada yang paling penting, yaitu saling berbagi pengalaman tentang kucing yang sedang sakit.

Diskusi tentang kucing

Nama grupnya adalah Komunitas Sahabat Kucing Indonesia (KSKI). Anggotanya lumayan banyak, sekitar 30 ribu. Dan mereka banyak yang komunikatif jika ada postingan yang ada di grup.

Anggota komunikatif

Kita bisa bertanya tentang permasalahan tentang kesehatan kucing kita disana. Bagaimana memberi pertolongan pertama jika kucing kita mengalami hal-hal yang tidak enak. 

Dari postingan kita disana, akan ada jawaban-jawaban dari sesama grup yang memiliki kesamaan hobi. Mereka akan menjawab sesuai pengalaman pribadi mereka. 

Visi misi KSKI

Tidak hanya untuk bertanya. Kita bisa saling menebar kebahagian dengan berkirim foto-foto kucing kesayangan yang melakukan hal-hal lucu dan kebetulan terabadikan oleh kamera.

Peraturan anggota KSKI

Tidak perlu banyak persyaratan untuk bergabung ke grup seru ini. Kita hanya perlu menaati peraturan yang telah dibuat oleh admin grup disana. Dengan begitu, kita akan awet menjadi member KSKI selama kita mau.

Nah, untuk pecinta kucing yang tinggal jauh dari klinik hewan jangan panik lagi jika mpus kita sakit ya. Kita saling berbagi pengalaman dalam satu grup sahabat kucing di facebook. Memang bukan ahli dibandingkan dokter, tapi setidaknya sangat membantu untuk menolong sahabat lucu kita. Salam meow. :D

Related Posts

14 comments:

  1. Ya ampun aku baru tau kalo ada komunitas sahabat kucing Indonesia, bermanfaat sekali ini grup buat pecinta kucing...

    ReplyDelete
  2. Huwaaa pecinta kucing ternyata. Saya cuma suka suka aja sih, tapi bukan pecinta kucing. Sy pilih fokus urus anak saja. Hehe. Tapi memang grupnya sangat bermanfaat yaa buat pecinta kucing.

    ReplyDelete
  3. membaca artikel ini doa saya sepertinya terjawab. dengan berbagai permasalahan per-kucingan di komplek ini. saya sendiri suka anjing dan kucing. di rumah jogja dulu saya punya 9 anjing dan 3 kucing. mereka semua tinggal satu rumah dengan kami. nah semenjak dilampung, ada kucing yang sering datang kerumah. kami kasih makan. akhirnya kucing itu beranak dan sekarang udah semakin banyak. permasalahan lanjutan timbul, bau akan kotoran kucing yang kadang membuat tetangga tidak nyaman. disisi lain saya masih bingung gimana menemukan solusi nya. apa iya saya buang kucing tersebut? alangkah dosa dan kejamnya saya. mungkin masalah selesai di saya. tapi belum tentu setelah ditempat pembuangan. apakah ada tempat KB kucing di Lampung?? atau apakah dinas kesehatan hewan punya program kebiri untuk kucing? saya masih bingung hukumnya menkebiri kucing. hingga saat ini saya masih berpikir bagaimana caranya solusi kucing ini bisa teratasi. saya rasa ini problem kita semua. coba deh nanti saya hubungi KSKI, barang kali bisa membantu. saya acungin jempol untuk komunitas pecinta kucing ini. mudah mudahan kebermanfaatannya terasa hingga pelosok desa, makasih mbak anggun sudah membahas artikel ini

    ReplyDelete
  4. masih menjadi misteri kenapa kucing suka ayam goreng tapi kalo masih hidup dia gak mau makan 🤣

    ReplyDelete
  5. Mencintai hewan itu baik. Bisa melatih kepekaan kita terhadap sesama makhluk hidup. Apalagi merawatnya dengan penuh kasih sayang. Tentu itu lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Wah ada komunitasnya jadi bisa berbagi info ya. Di rumah ada juga kucing namanya Milo. Kalau kami buka pintu dialah yang duluan masuk. Kalau mau ditinggal pergi, dia ngikutin dan tiduran dekat kaki kita. Menyayangi makhluk lain itu baik.

    ReplyDelete
  7. kalo di facebook emang lengkap banget sampe ada grub komunitas pwcinta kucing, aku sendiri baru tau, mungkin nanti coba gabung di grup nya, siapa tau bisa jadi pecinta kucing dan bisa ketemu mbak anggun di grup facebook nya :D

    ReplyDelete
  8. Grup-grup komunitas gitu-gitu emang sangat membantu banget sih :D

    ReplyDelete
  9. Komunitas yang bermanfaat, bisa menjadi rekomendasi kita

    ReplyDelete
  10. Saya juga termasuk pecinta kucing. Tapi terakhir kali 'bener-bener' pelihara hewan lucu ini, kalau nggak salah jaman SD dulu.

    Lumayan nih, grupnya. Bisa jadi alternatif buat sharing info dunia perkucingan :)

    ReplyDelete
  11. sangat membantu dg gabung komunitas, tidak perlu bingung lagi untuk pelihara kucing jika terjadi sesuatu

    ReplyDelete
  12. wah rajin pelihara kucing mbak anggun ya aku juga tapi kebanyakan jadi repot

    ReplyDelete
  13. Syukurlah kucingku belumpernah sakit

    Males makan sih pernah, tapi abis disogok ikan kering biasanya sih mau makan lagi hihihi

    ReplyDelete
  14. Hehehe,, sakin cintanya sama kucing sampai ikut komunitas yaa.. Kucing saja di rawat apalgi ...

    ReplyDelete