Mengapa Anda Perlu Memperhatikan Jangka Waktu Ketika Berinvestasi

Segala sesuatu yang dipersiapkan untuk masa depan pasti akan terarah. Pendapatan tanpa tujuan yang jelas ingin dihabiskan untuk apa pasti hanya akan habis begitu saja.

Beda dengan seseorang yang punya tujuan tertentu dalam hidup. Punya cita-cita yang ingin dicapai. Pasti perencanaan akan dilakukan sembari terus mencari rejeki.

Cara-cara berinvestasi untuk mempersiapkan tuntutan jaman banyak ditawarkan saat ini. Banyak yang perlu dipilah dan dipilih sesuai kebutuhan kita. Ada hal yang perlu diketahui tentang untung dan ruginya suatu investasi.

Ketika memilih investasi, kita akan dihadapkan pada beragam pilihan investasi dengan jangka waktu yang berbeda-beda. 

Investasi 

Jangka waktu investasi merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang karena dapat berpengaruh terhadap investasi yang akan dijalani. Berikut ini beberapa alasannya.

Risiko saat investasi


Salah satu alasan mengapa kita perlu memperhatikan jangka waktu ketika berinvestasi yakni disebabkan karena risiko yang akan kita hadapi pada investasi tersebut. 

Resiko Investasi

Risiko merupakan salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah investasi dan kita  memperhatikan risiko yang hadir agar tidak merugikan investasi yang tengah kita jalankan. 

Singkatnya, memperhatikan jangka waktu sama dengan memperhatikan risiko yang akan kita hadapi ketika berinvestasi.

Dalam memperhatikan jangka waktu investasi yang kita lakukan, perlu diperhatikan bagaimana skema investasi tersebut bekerja. 

Karena, ada skema investasi yang lebih cocok untuk dijadikan sebagai skema investasi jangka panjang dan ada juga yang jangka pendek. Apabila kamu seorang pemula, maka pilihlah skema investasi bagi pemula dengan jangka waktu yang pendek karena lebih minim risiko dan lebih cepat mendapatkan hasil. 

Sehingga, kita dapat berinvestasi dengan tenang dan menghasilkan keuntungan lebih cepat.

Nilai uang yang selalu berubah


Alasan lainnya mengapa jangka waktu investasi perlu diperhatikan yakni karena perubahan nilai uang yang terjadi setiap saat. Perubahan nilai uang tersebut merupakan hal yang wajar mengingat didalam sistem ekonomi nilai uang akan selalu menurun mengingat adanya inflasi yang terus terjadi setiap tahunnya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, maka jangka waktu investasi perlu diperhatikan agar nilai uang yang kita investasikan tetap terjaga. 

Ketika kita melakukan investasi jangka pendek, maka secara tidak langsung nilai uang yang kita investasikan dapat lebih terjaga. Sementara itu, ketika kita melakukan investasi jangka panjang, maka kita harus siap dengan ketidakpastian nilai uang di masa yang akan datang. 

Sehingga, kita harus memperhatikan betul apakah potensi imbal hasil yang bisa didapat sepadan dengan nilai uang yang dihasilkan dari investasi kelak.

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

2 komentar:

  1. Dalam berinvestasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang, ternyata memang perlu perencanaan yang matang, salah satunya jangka waktu untuk berinvestasi. Makasih pencerahannya

    BalasHapus
  2. Seperti makin tersadarkan membaca post ini akan pentingnya, benar-benar penting, menanam investasi untuk bekal masa depan.

    Harga kebutuhan hidup yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, perlu dicermati dan disikapi dari sekarang untuk berinvestasi.

    BalasHapus