Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Oke Juga Kelebihan Bisnis Franchise Kekinian Loh

Jika kamu terpikir ingin memiliki usaha namun bingung dan tak punya ide menjalankan bisnis apa. Menjalin kerjasama untuk menjalankan bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang pas. Kelebihan bisnis franchise ini adalah salah satu pilihan bisnis yang relatif aman.

Kelebihan Bisnis Franchise
Kelebihan Bisnis Franchise


Jika kamu sering melihat restoran, kafe, atau kios yang berada di kota-kota berbeda, bisa jadi itu adalah bisnis waralaba. Brand atau merk yang sudah familiar ini bisa menjadi salah satu cara berbisnis yang aman. Bisnis franchise atau waralaba sendiri berarti hak dan kebebasan menjual suatu produk, jasa dan layanan.

Kerjasama bisnis waralaba ini bisa menjanjikan, apalagi untuk yang terdampak pandemi beberapa waktu lalu. Sektor ekonomi yang down banyak dialami warga kita. Tak sedikit yangkehilangan pekerjaan.

Pengalamanan tersebut bisa memunculkan keinginan untuk memiliki ide bisnis disamping pekerjaan utama, dimana setidaknya ada tambatan lain jika hal buruk terjadi dikemudian hari. Tentu saja dengan bisnis yang minim risiko, salah satunya bisnis franchise ini.

Kenapa bisnis franchise ini termasuk bisnis yang aman? Alasannya karena bisnis franchise memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Brand sudah dikenal


Salah satu poin penting dalam menjalankan bisnis adalah memperkenalkan merk kita kepada calon konsumen. Hal ini tidak terlalu sulit untuk bisnis franchise apalagi dengan brand yang sudah besar dan tersebar hampir di seluruh daerah di tanah air.

Kamu justru membantu konsumen yang sudah familiar dengan brand tersebut untuk mendapat layanan produk atau jasa menjadi lebih mudah dijangkau. Kalau sudah begitu tentu promosi dari mulut ke mulut konsumen menjadi pasar yang baik untuk kemajuan bisnis.

2. Mendapat dukungan bisnis


Sebagai pemula yang mungkin tidak berbekal ilmu dalam berbisnis, kerjasama franchise ini kita akan mendapat dukungan dari awal sampai seterusnya. Sarana awal menjalankan bisnis biasanya sudah disediakan.

Contohnya jika kamu bekerjasama dalam bisnis minuman kekinian dengan look warung sederhana pinggir jalan. Maka bahan minuman, resep, sampai konsep warungnya sudah disediakan dari pihak penyedia. Itu sebabnya hampir semua tampilan warung dari brand yang sama akan terlihat sama juga.

Kamu juga akan mendapat bimbingan promosi sampai balik modal bahkan profit. Tentu juga perlu diimbangi dengan usaha kita dalam pengaplikasian bimbingan tersebut. Semakin banyak aksi tentu reaksi yang didapat dari konsumen akan lebih besar.

Keuntungan dari bisnis franchise ini untuk promosi tidak perlu ngoyo, sebab brand yang sudah sering didengar akan dihampiri konsumen yang sudah cocok dengan brand kita. Tapi kalau brand franchise kita belum terlalu besar ya perlu kita bantu promosi agar lebih booming lagi. :D

3. Sistem manajemen bisnis sudah terbentuk


Penting untuk memiliki manajemen bisnis ini, supaya tercatat semua perkembangan dan arus dana yang digunakan dalam menjalankan usaha. Mulai dari kontrol pengadaan bahan dan alatnya sampai arus finansial.

Jangan sampai menjalankan bisnis yang niatnya untung justru dananya tidak tahu juntrungannya kemana. Pada bisnis franchise ini sudah ada sistemnya dan itu sepaket dengan prasarana yang diberikan juga tentunya. Jadi kita hanya mengikuti sistem mereka agar perkembangan usaha bisa terkontrol sesuai bimbingan.

4. Tingkat kegagalan rendah


Poin ini skornya relatif, kondisional dan berbanding lurus dengan upaya yang kita lakukan. Jika bimbingan yang kita dapat dilakukan sesuai dan maksimal pasti hasilnya juga mantap. Namun jika kita kurang dalam menjalankan bisnisnya dan cepat menyerah bisa jadi mengalami kegagalan.

Tingkat kegagalan bisnis franchise ini termasuk rendah karena brand yang sudah dikenal tadi. Promo yang sudah mereka lakukan, uji pasar yang telah dilakukan juga menjadi alasan tingkat kegagalan rendah.

Karena dari uji pasar yang sudah dilakukan tadi bisa dijadikan masukan untuk jika terjadi sesuatu yang kurang memuaskan dalam usaha yang kita jalankan. Itu kelebihan bisnis franchise yang paling bisa dirasakan untuk pebisnis newbie.

***

Jika kamu berminat untuk menjalankan bisnis franchise, sebaiknya cari tahu lebih dalam tentang bisnis yang akan kamu pilih. Kalau bisa bandingkan dulu beberapa penyedia dan testimoni dari masing-masing brand itu.

Pasti ada kekurangan dan kelebihan dari penyedianya. Sesuaikan juga dengan lokasi dan target pasar tempat tujuan kamu memulai bisnis. Semoga berhasil ya. ☺

Posting Komentar untuk "Oke Juga Kelebihan Bisnis Franchise Kekinian Loh"