Inilah Cara untuk Menghitung Masa Subur

Tentunya bagi kaum wanita untuk mengetahui masa subur tiba merupakan hal yang sangat penting, yang tidak hanya mendukung untuk program hamil saja. 

Namun mengetahui masa subur juga mempunyai banyak manfaatnya bagi wanita yang sudah aktif secara seksual. Selain itu juga perhitungan masa subur bisa digunakan sebagai program KB alami, yang meminimalisir potensi kehamilan tanpa mengurangi sensasi yang terjadi saat berhubungan seksual. 



Selain itu juga, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normal terjadi setiap sebulan sekali dan diantara tiap siklus ada beberapa hari yang disebut sebagai masa subur. Dan pada masa subur inilah potensi terjadinya kehamilan yang sangat tinggi, dimana momen sel telur baru saja selesai diproduksi dan siap dibuahi oleh sperma yang proses ini disebut sebagai ovulasi. 

Untuk lebih lanjutnya, berikut dibawah ini ada beberapa cara menghitung masa subur yang bisa anda coba:

1. Mengetahui Panjang Siklus Menstruasi

Untuk menghitung masa subur, anda harus menandai siklus menstruasi tiap bulan dan menghitung berapa lama hal tersebut berlangsung. Pada panjang siklus menstruasi dihitung dari hari 1 yaitu hari pertama anda menstruasi, dan sampai hari terakhir yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai. 

Karena panjang siklus anda dapat sedikit berbeda dari bulan ke bulan, dan sebaiknya anda harus mencatat selama beberapa bulan untuk mengetahui rata-ratanya setidaknya 8 bulan.

2. Menghitung Perkiraan Masa Subur

Untuk tahap selanjutnya dalam menghitung masa subur yaitu dengan mencari siklus terpanjang dan siklus terpendek, darisiklus menstruasi anda setiap bulannya. Dan setelah itu, kurangi 18 hari dari siklus terpendek andayang merupakan hari peretama anda memasuki masa subur. 

Sebagai contohnya yaitu siklus terpendek anda adalah 25 hari, maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke 7 setelah hari pertama menstruasi. Untuk siklus terpanjang anda, kurangi 11 hari dari sklus terpanjang anda yang merupakan hari terakhir masa siubur. Misalnya siklus terpanjang anda adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur anda adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi. 

3. Memprediksikan Masa Subur Wanita Melalui Tanda-tanda Pada Tubuh

Jika anda kesulitan untuk memperkirakan masa subur melalui siklus menstruasi, ada cara lain yang bisa mempredeksikan masa subur anda yaitu dengan cara mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Selain itu juga, tubuh biasanya akan menunjukkan tanda-tanda saat ia siap melakukan ovulasi. 

Sehingga, hal ini tentunya bisa membantu anda dalam mengetahui masa subur dan bisa merencanakan untuk hamil. Untuk tanda-tanda di dalam tubuh yang sedang terjadi ovulasi, biasanya akan mengalami seperti suhu tubuh basal sedikit naik, perubahan pada lendir serviks (cairan dari vagina), perubahan ketegangan mulut rahim, dan lain-lainnya.

Kapan Masa Tidak Subur Wanita?

Pada dasarnya masa yang paling subur wanita adalah 5 hari setelah ovulasi dan satu hari sesudahnya, hal ini dikarenakan sel telur hanya bertahan selama kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan. Dan setelah itu sel telur tidak bisa dibuahi, sehingga anda memasuki masa tidak subur pada saat ini. 


Sehingga masa tidak subur anda adalah hari yang tidak termasuk masa anda, yang misalnya jika menurut perhitungan kamlender masa subur anda berlangsung pada hari ke 7-18 setelah hari pertama menstruasi. Maka masa tidak subur anda adalah hali selain hari tersebut pada siklus menstruasi (mulai dari hari ke 19 dan seterusnya sampai anda menstruasi lagi).

Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

0 komentar: