Tips Belanja Bulanan Anak Kost

Sampai kost langsung ngedumel sambil nenteng plastik belanjaan ukuran besar, "Kayaknya tadi cuma mau beli sabun mandi??!!" Hayo siapa yang sering begitu? Saya. Haha..
Untuk anak kost baik newbie atau yang sudah pakarnya sekalipun kalau sudah waktunya beli keperluan bulanan pasti sering "khilaf" di swalayan, biasanya wanita yang begini. Awalnya botol sampo, sabun, handbody, pewangi sudah menunjukkan ruang hampa yang semakin banyak dan uang kiriman sudah dikabarkan terkirim ke rekening. Nah pass... ini dia yang namanya seimbang. hehe.. Pasti langsung meluncur ke toko, tapi sesampainya disana malah yang dituju dan dicomot bukan barang-barang niatan dibeli dari tempat start lebih dulu, kadang malah yang mau dibeli lupa nggak dibeli. Itu dia yang saya maksud khilaf di swalayan. Hmmm

Berikut adalah tips bagaimana cara anak kost jitu belanja bulanan, sebut saja begitu. Oke cekidot.

1. Buat Daftar Belanja

Sebelum meluncur ke toko, baiknya buatlah daftar-daftar belanjaan. Data barang-barang yang sudah habis dan memang perlu. Beri kategori urutannya dari yang primer ke tersier.

2. Budget Minimalis

Setelah daftar belanja dibuat, perkirakan harganya untuk semua produk. Setelah itu persiapkan uang sesuai total yang sudah diperkirakan tadi. Bawa uang lebih juga tidak ada salahnya untuk dana tidak terduga, siapa tahu harga salah satu produk naik. Tapi jangan terlalu banyak dana tak terduganya.

3. Pilih Tempat Belanja

Tempat belanja juga mempengaruhi hemat dan tidaknya, juga khilaf tidaknya saat belanja. Satu produk bisa berbeda harganya di lain tempat, untuk tips yang ini dilakukan selain observasi sendiri juga bisa dari informasi senior-senior kost yang sudah mahir. Pilih tempat selain yang murah, tidak terlalu jauh dari kost dan hindari tempat yang menjual kebutuhan selain kita butuhkan. Misalnya kita mau beli sabun, odol dll, hindari tempat yang menjual pakaian, terutama kaum wanita. Itu bahaya girl, kemungkinan kamu khilaf akan meningkat. Apalagi kalau kamu sudah melihat baju dan bilang,"lucu banget.." sambil senyum mupeng. Duuuhh.. wassalam.

4. Beli Barang dalam Daftar

Setelah sampai tempat belanja, langsung siapin daftar belanja yag sudah dibuat tadi. Ambil semua yang dibutuhkan disana, jangan lirik-lirik barang lainnya dulu. Fokus saja dengan daftar yang kamu pegang lalu cari barangnya. Setelah semua yang diperlukan sudah diambil, cari kasir dan bayar. Kalau memang ada barang yang dilihat dan perlu tapi belum ada di daftar belanja tadi boleh diambil tapi ingat budjet minimalis tadi ya.

Setelah selesai pembayaran, langsung pulang saja jangan iseng-iseng lihat dulu. Jangan! kamu akan tergoda nanti. Pulang sesegera mungkin akan aman, karena disana tempat yang lumayan horor khususnya untuk wanita karena banyak jeritan minta dibawa pulang. Sedikit tips untuk anak kost, semoga bermanfaat. Habiskan uangmu dengan bijaksana. Terima kasih.
Senyum manis untuk yang termanis :)

Related Posts

0 komentar: