Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perlu Dicek, Ini 7 Penyebab Lampu Depan Mobil Suzuki Mudah Mati

Lampu berperan penting dalam sistem penerangan dan di dalamnya terdapat sistem kelistrikan yang cukup rumit. Matinya lampu depan mobil bisa disebabkan oleh banyak hal seperti sekring putus sampai kualitas bohlam yang digunakan buruk.

Alasan Lampu Mobil Mati
Alasan Lampu Mobil Mati


Putusnya lampu dengan cepat padahal baru saja diganti tentu akan membuat kamu tekor. Penggantian lampu yang terlalu sering bisa membuat isi dompet kamu terkuras habis. Belum lagi kamu akan mengalami masalah jika lampu mati di malam hari.

Cek apa saja penyebab lampu depan mobil lebih cepat mati, sehingga kamu bisa menghindarinya.

7 Alasan Mengapa Lampu Depan Mobil Cepat Mati


Bohlam lampu mobil adalah salah satu komponen yang harus rutin diganti karena memiliki usia pakai. Usianya bervariasi tergantung dengan kualitas produk yang dihasilkan.

Misalnya saja lampu bohlam dengan pemakaian hingga 4.000 jam maka bisa awet sampai tiga tahun jika penggunaan rata-ratanya adalah 4 jam. Lampu bohlam akan cepat mati semakin sering kamu menggunakannya.

Selain masalah usia ini, masih ada beberapa faktor lainnya yang membuat lampu bohlam cepat mati. Apa saja yang harus kamu waspadai bisa cek berikut ini:

Putusnya Sekring Lampu


Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah putusnya sekring lampu. Sekring berfungsi untuk pengaman dari arus berlebih sehingga lampu tetap aman ketika terjadi korsleting.

Ada dua jenis sekring yang diletakan pada kanan dan kiri mobil bagian depan. Ketika lampu pertama kali mati, maka sekring adalah bagian pertama yang harus kamu cek. Apabila sekring ini sudah putus maka kamu bisa memperbaiki dengan menggantinya.

Melelehnya Switch


Switch adalah komponen yang bekerja untuk menyalakan dan mematikan lampu mobil. Apabila terjadi korsleting atau masalah pada arus listrik, suhu panas bisa merusak switch hingga menjadi meleleh.

Disebut juga saklar yang bisa dioperasikan dengan ditekan atau melepas dan menarik hingga memutarnya. Switch yang sudah meleleh tidak akan bisa menyalakan lampu. Ciri kerusakannya adalah kamu akan merasakan seret ketika hendak menyalakan lampu.

Arus Listrik yang Berlebihan


Sistem kelistrikan adalah yang paling rumit dibandingkan mesin mobil. Sistem yang memiliki banyak kabel ini kapan saja bisa mengalami kerusakan. Tegangan normal yang dialirkan oleh aki mobil biasanya adalah 12 volt. Apabila tegangan melonjak hingga 14 volt maka bisa terjadi korsleting.

Lonjakan arus listrik yang terjadi ini akan membuat sistem kelistrikan lebih terang dan bohlam menjadi cepat panas. Setiap bohlam memiliki kapasitas tegangan arus listrik, jadi jika arus berlebih yang mengalir bisa merusak bohlam.

Kabel yang Terbakar


Arus listrik yang berlebih bisa juga mengakibatkan kerusakan kabel seperti terbakar. Lampu depan tidak akan menyala jika kabel yang menjadi komponen penghantar arus listrik ini terbakar.

Kamu harus menelusuri kabel-kabel yang tersambung dan meneliti bagian mana yang terbakar. Kabel harus diganti sepenuhnya untuk menghindari masalah yang sama terjadi kembali.

Rusaknya Relay


Komponen relay pada lampu mobil berfungsi untuk memberikan daya khusus pada lampu depan. Ketika terjadi kerusakan pada relay maka akan mengakibatkan lampu depan lebih cepat mati atau tidak menyala ketika dibutuhkan.

Relay yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki, kamu hanya bisa menggantinya dengan yang baru.

Menggunakan Sekring yang Terlalu Besar


Modifikasi sistem kelistrikan bisa juga jadi penyebabnya, salah satunya seperti penggantian sekring yang lebih besar. Kapasitas sekring yang berlebihan ini akan mempermudah arus listrik besar melalui rangkaian listrik dan merusak sistem itu sendiri.

Menggunakan Lampu Berkualitas Buruk


Supaya lebih murah lantas kamu menggunakan lampu yang kualitasnya jelek. Padahal lampu dengan kualitas buruk ini bisa membuat kantong kamu jebol. Lampu akan lebih cepat mati dibandingkan yang asli.

Padahal jika dilihat dari segi harga kamu mungkin tidak akan mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk membeli lampu yang asli.

Masih saja bermasalah dengan lampu depan mobil? Kamu sebaiknya mengunjungi bengkel resmi Suzuki secepatnya. Berikut bengkel yang bisa dikunjungi.

Suzuki Dealer Handijaya Buana Trada - https://suzukigunungsahari.co.id

Suzuki Sejahtera Buana Trada Jabodetabek- https://suzukitrada.co.id

Suzuki Indomobil Multi Trada - https://indomobilsuzukidealer.co.id

3 komentar untuk "Perlu Dicek, Ini 7 Penyebab Lampu Depan Mobil Suzuki Mudah Mati"

  1. Wahhh memang harus segera diperbaiki ya hal yang seperti itu, agar jika ingin digunakan untuk perjalanan yang jauh tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau sudah tau penyebabnya gini kan bisa dicari solusi untuk memperbaikinya..

    BalasHapus
  2. Lampu ini termasuk vital banget ya, ngeri juga kalau lampu depan suka mati, apalagi kalau malam dan jalanan gelap.

    BalasHapus
  3. Kalo keluaran terbaru banyak yang udah led ya, siang pun lampu senjanya tetap hidup

    BalasHapus