Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)

Asupan gula bagi tubuh sangat penting karena merupakan sumber energi yang digunakan untuk kinerja organ kita. Kurangnya gula dalam darah tentu akan banyak menghambat proses fisiologis, terutama otak sebagai pusat perintah tubuh. Tubuh yang mengalami hal tersebut harus segera dilakukan pertolongan pertama gula darah rendah.

Pertolongan pertama gula darah rendah
Pertolongan pertama gula darah rendah


Dalam dunia medis, kondisi tubuh yang kekurangan kadar gula dalam darah disebut Hipoglikemia. Kondisi tersebut bisa diketahui dari hasil pengukuran kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL. Gangguan kesehatan ini sering dialami oleh orang yang menderita Diabetes yang notabenenya adalah penderita gula darah berlebih. Walaupun yaa, kadar gula rendah ini bisa dialami siapa saja.

Keadaan tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba dan harus segera diatasi. Jika kadar gula darah tidak cepat dan tepat dikembalikan pada keadaan normal maka akan berbahaya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan fungsi organ dalam tubuh terganggu.

Saat kadar gula darah menurun, tubuh bisa memberi sinyal sebagai alarm untuk segera dilakukan penanganan. Jika kamu merasakan ciri-ciri berikut, bisa jadi kamu sedang mengalami gejala gula darah rendah atau Hipoglikemia.

  • Kelaparan
  • Irama jantung tidak teratur atau jantung berdebar
  • Lemah, letih, lesu, dan tidak bertenaga
  • Tidak bisa berkonsentrasi
  • Badan gemetar
  • Perasaan gelisah, bingung dan tidak tenang
  • Kulit pucat
  • Mudah marah

Ciri di atas masih disebut dengan gejala gula darah rendah ringan. Bila tidak segera dilakukan pertolongan pertama hipoglikemia, maka bisa menyebabkan gejala gula darah rendah yang lebih berat dan makin beresiko. Gejala beratnya bisa terjadi kejang, terlihat seperti orang mabuk, linglung dan hilang kesadaran.

Gejala gula darah rendah yang sering terjadi bisa memicu kerusakan otak akibat kurangnya asupan gula. Jika keadaan tersebut terus menerus berulang bisa mengakibatkan koma bahkan kematian.

Gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja ini sangat penting untuk diketahui bagaimana pertolongan pertama gula darah rendah. Jika orang terdekat kita mengalami masalah serius seperti ini kamu bisa segera melakukan pertolongan pertama hipoglikemia berikut

1. Segera berikan asupan Karbohidrat


Jika ciri yang ditunjukan masih terlihat gejala hipoglikemia ringan, kamu harus segera memberi asupan karbohidrat untuk membuat kadar gula darah kembali normal. Berikan makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

Berikan teh manis hangat atau jus buah yang mengandung gula. Untuk makanan, kamu bisa berikan nasi putih, sereal, roti, buah apel, pisang, nanas atau kurma pada penderita. Sangat disarankan memberi jenis makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Hindari memberi asupan makanan yang mengandung lemak pada penderita. Kandungan lemak justru dapat menghambat penyerapan asupan gula. Tentu hal tersebut berbanding terbalik dengan tujuan kita mengembalikan keadaan kadar gula menjadi normal kembali.

2. Cek kembali kadar gula darah


Jika asupan karbohidrat telah diberikan kepada penderita, maka segera lakukan pengecekan kadar gula darah kembali. Jika masih di bawah 70 mg/dL berarti harus menambah asupan gula kembali. Biasanya keadaan akan segera berangsur membaik pada rentang waktu 10 sampai 20 menit.

Jika kadar gula normal kembali, kamu bisa tetap memberi camilan pada pendertita agar kadar gula tetap stabil. Asupan camilan ini juga bisa membantu menyediakan cadangan glikogen dalam tubuh. Dimana glikogen adalah cadangan zat gula yang berasal dari karbohidrat.

3. Memberikan obat glukagon


Bila ternyata keadaan lebih buruk sehingga tidak memungkinkan memberi asupan karbohidrat dari makanan atau minuman. Maka sebaiknya berikan obat glukagon dengan cara injeksi.

Mengatasi gula darah yang parah seperti ini jangan memaksakan pada penderita untuk mengonsumsi makanan berkaborhidrat. Sangat berbahaya jika sampai tersedak dan menimbulkan masalah lain yang akan lebih membahayakan keselamatan seseorang.

Biasanya penderita diabetes yang mengonsumsi insulin juga memiliki glukagon. Obat ini sangat menolong dalam keadaan yang darurat.

4. Segera bawa ke tenaga medis terdekat

Bila ternyata keadaan tidak memungkinkan untuk kamu melakukan poin-poin di atas, sebaiknya segera serahkan penderita pada ahlinya. Biarkan tenaga medis yang akan segera memberi penanganan yang tepat.

Namun bukan berarti setelah kamu berhasil melalukan pertolongan pertama gula darah rendah pada penderita lalu tidak boleh membawanya ke dokter ya. Jika itu kamu lakukan tentu akan sangat baik, agar keadaan tersebut tidak terulang kembali kamu bisa membawa penderita untuk mendapat konsultasi kesehatan dari dokter.

***

Pertolongan pertama gula darah rendah yang diharuskan dilakukan cepat dan tepat ini bisa terlaksana dengan baik jika tidak gugup. Bila menghadapi keadaan tersebut dengan tenang pasti kamu bisa segera melakukan pertolongan pertama pada seseorang yang menunjukan gejala hipoglikemia berada didekatmu. Semoga membantu ya. :)

9 komentar untuk "Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)"

  1. Waduhhh baru tahu aku gula darah rendah ternyata berbahaya juga ya, selama ini yang ku tahu yaa Diabetes atau kebanyakan gula. Justru akhir-akhir ini aku membiasakan diri untuk sedikit mengkonsumsi gula supaya enggak over atau malah nanti jadi penyakit. Aku jadi lebih suka teh tawar, tapi tetep rutin makan nasi hahaha. Semoga pola hidup kita sehat selalu yaa biar enggak mudah terserang penyakit apapun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal ga bener-bener menghindari gula insyaAllah malah bagus gitu kok mbak. Kebanyakan ga bagus, kurang jg bahaya ya hehe

      Hapus
  2. Dari gejala-gejala yang disebutkan, jantung saya langsung blegedekbuk... Saya sering mengalaminya.. Akh jangan-jangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, saya tidak tahu tanggal pastinya. Tapi ini kan bulan April. Selamat ulang tahun ya Mbak Anggun...

      Hapus
    2. Iya mbak aku juga mau ngucapin happy birthday walaupun gak tau juga tanggal lahirnya wkwk

      Hapus
    3. haha.. terimakasih bangancis dan mas mayuf ucapannya. Semoga sehat selalu ya semuanya :D

      Hapus
  3. Terima kasih buat ilmunya ya Mbak.
    Ternyata gula darah rendah berbahaya juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas rudi. Iya, bisa kekurangan energi kalau kurang asupan gula mas. :)

      Hapus
  4. Gula darah rendah juga nggak bagus yaa mbak Aries, Tetapi kelebihan gula darah yaa repot juga yee..😁😁

    Jadi yaa sedang-sedang saja yaa, 😊😊 Terlalu Panjang jangan juga, Terlalu pendek apalagi...Jadi sedang2 saja yaa..😁😁😁


    Maka dari itu kita perlu mengontrol juga keseimbangan gula darah yaa mbak Aries selama sebulan 2 kali atau pun sebulan sekali.😊😊

    BalasHapus