Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Program dari BPJS Ketenagakerjaan Hingga Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah layanan asuransi bagi pekerja di Indonesia. Lembaga ini dibuat oleh pemerintah yang berharap dapat membantu para pekerja Indonesia. Jika kamu menjadi anggotanya maka sebagian gajimu nantinya akan dialokasikan untuk biaya pungutan yang  harus rutin dibayar setiap bulannya. Beberapa persen gaji saja yang akan dipotong sebagai biaya pungutan perbulannya. 

Program BPJS ketenagakerjaan cek saldo
Program BPJS ketenagakerjaan

Setiap peserta atau pekerja yang menjadi anggota BPJS Ketenagakernaan bisa mengecek saldonya yang telah terkumpul. Selain mendatangi kantor BPJS, kamu bisa mengecek saldo BPJS mu dengan beberapa cara yang akan dijelaskan di artikel ini. Jika dikemudian hari kamu membutuhkan dana, kamu bisa menarik saldo yang sudah terkumpul. Sebelum itu kamu bisa kenali empat program dari fasilitas BPJS Ketenagakerjaan. 

Program BPJS Ketenagakerjaan 


1. PJP, Program Jaminan Pensiun 


Jaminan pensiun merupakan jaminan sosial, Untuk memberikan kenyamanan hidup yang layak bagi peserta dan ahli warisnya diusia tuanya nanti, jaminan pensiun menjadi salah satu jaminan sosial yang diberikan. Program ini bisa memberikan penghasilan kepada peserta saat telah memasuki usia pensiun. Jika peserta telah memenuhi iuran minimal lima belas tahun saat berusia pensiun, maka peserta akan diberi uang tunai nantinya. Uang pensiun itu diperoleh dari akumulasi pemotongan gaji setiap bulan sebanyak tiga persen, dimana rinciannya satu persen dibayar oleh pekerja dan dua persen ditanggung oleh perusahanaan.


2. JKK, Program Jaminan Kecelakaan Kerja 


Bertujuan sebagai perlindungan peserta dari semua resiko kecelakaan yang bisa saja terjadi dalam hubungan kerja. Termasuk kecelakaan dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya. Selain itu juga bila mengidap penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Pemanfaatan dari program ini berupa perawatan tanpa batas biaya, santunan upah selama tidak bekerja. Skema pembiayaan adalah dua belas persen, pertama seratus persen santunan, bulan berikutnya lima puluh persen hingga sembuh. Jika peserta sampai meninggal maka yang akan didapatkan adalah empat puluh delapan kali upah yang dilaporkan perusahaan bagi peserta dengan 0,24 persen hingga 1,74 persen upah yang dilaporkan. 

3. JKM, Program Jaminan Kematian 


Jika kemungkinan meninggal dunia ini terjadi bukan diakibatkan kecelakaan kerja maka uang tunai akan diberikan kepada ahli waris. Pemberian uang tunai kepada ahli waris ketika peserta BPJS meninggal dunia akan dilakukan secara berkala. Bantuan pemakaman akan diberikan sebesar Rp 10 juta. Total yang bisa diterima ahli waris sebesar Rp 42 juta, sudah termasuk biaya pemakaman.

4. JHT, Program Jaminan Hari Tua 

Program yang satu ini berupa uang tunai yang besarnya berasal dari nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya. Besarnya iuran untuk program ini sebesar 5,7 persen dari jumlah gaji yang diterima pekerja, dengan rinciannya untuk dua persennya akan dibayar oleh pekerja. Sedangkan 3,7 persen dari sisa tersebut akan dibayar oleh perusahaan tempat kalian bekerja. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan


1. Lewat Website Mereka 


Kamu bisa mengunjungi websitenya langsung di http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kamu bisa daftar terlebih dahulu disana, kemudian jika telah terdaftar kalian bisa membuka saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian. 

2. Lewat Aplikasi BPJSTKU 


Untuk sekarang BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki aplikasi yang bernama BPJSTKU, Kamu bisa  melakukan pengecekan saldo lewat aplikasi ini kapan saja. Kamu hanya perlu hp pintar, bisa android atau ios.

3. Lewat SMS 


Untuk pilihan yang satu ini bisa kalian gunakan saat jaringan internet sedang sulit atau tidak stabil. Cek saldo via sms ini adalah salah satu cara yang cukup mudah dilakukan dengan beberapa cara yang perlu kalian lakukan hanya dengan mengetik SALDO<spasi>Nomor Peserta lalu kirim ke 2757. Tentunya jika kamu sudah mendaftar terlebih dahulu sebelumnya ya.

4. Lewat Kantor BPJS Ketenagakerjaan 


Kalian bisa langsung datang baik pusat atau cabangnya bpjs ketenagakerjaan. Jangan lupa membawa beberapa persyaratan seperti KJP dan KTP. 

***
Cukup sekian informasi untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan dan cara cek saldonya.

Posting Komentar untuk "Beberapa Program dari BPJS Ketenagakerjaan Hingga Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan "

Berlangganan via Email