Supaya OSPEK Menyenangkan Mahasiswa Baru Harus Taati Ini

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK. Program ini merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Bagi peserta didik di tingkat SMP atau SMA kegiatan seperti ini disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS).

Orientasi studi mahasiswa baru
OSPEK  Mahasiswa Baru

Setelah perjuangan memilih tempat belajar baru dengan rangkaian tes masuk perguruan tinggi yang membuat pusing kepala. Sebentar lagi gong tahun ajaran baru akan segera dibunyikan. Menunjukkan waktu dimulainya perjuangan selanjutnya yang lebih panjang.

Segala yang baru pasti perlu adaptasi. Butuh pengenalan dan pemahaman hingga menjadi biasa dan akrab. Sama seperti suatu tempat yang baru. Harus tahu seluk beluk tempat baru tersebut sehingga kita bisa tahu dimana posisi yang tepat harus berada.

Lingkungan kampus misalnya, bagi mahasiswa yang baru saja punya almamater salah satu perguruan tinggi pasti ada perasaan yang begitu gembira dan sedikit gugup. Karena baru bisa membayang-bayangkan saja tentang suasana kampus yang sebenarnya.

Hal itu yang menjadikan adanya program OSPEK di kampus. Sebagai sarana pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Caranya dengan mensosialisasikan kehidupan dan kegiatan yang ada di kampus atas tanggung jawab pimpinan universitas, fakultas, jurusan, mahasiswa dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan OSPEK selalu identik dengan perpeloncoan yaitu dengan kekerasan verbal hingga kekerasan fisik bahkan berujung kematian. Hal tersebut membuat pemerintah semakin ketat dalam menerapkan peraturan kegiatan ospek.

Pengawasan ekstra pada kegiatan awal di perguruan tinggi ini dilakukan untuk mengontrol agar tidak terjadi hal buruk seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Jadi peserta ospek tidak perlu khawatir selama mengikuti kegiatan ospek. Asalkan kegiatan transparan antara pihak kampus dan wali murid. Dan selama berjalannya kegiatan wajar-wajar saja.

Wajar bila ada perasaan gugup menghadapai kegiatan ospek. Karena mendengar pengalaman kakak tingkat yang lebih dulu melewati rangkaian kegiatan tersebut. Tidak perlu terlalu khawatir atau takut, karena tujuan ospek sebenarnya baik untuk diri kita sendiri. Program tersebut dibuat untuk mengenalkan lingkungan dan kegiatan yang berlangsung di kampus. Juga kita diarahkan pada peraturan yang berlaku di kampus tersebut, karena tiap kampus pasti memiliki peraturannya masing-masing.

Selain tujuan pengenalan tersebut, mental dan disiplin kita juga dilatih dari kegiatan ini. Mulai dari ketepatan tiba di kampus sampai terlaksananya seluruh kegiatan ospekmu. Jika kita melakukan kesalahan lalu senior meninggikan nada suaranya, sebenarnya itu untuk melatih mentalmu. Jangan drop hanya karena merasa dibentak oleh senior. Lingkungan kampus nantinya akan memaksa kamu untuk memiliki mental yang kuat agar bisa lulus dengan baik, jadi harus dibiasakan sejak awal dari kegiatan ini.

Agar ospek berjalan lancar dan menyenangkan, maka kamu harus menerapkan tips berikut. Hal yang perlu diperhatikan oleh peserta Ospek selama kegiatan berlangsung adalah sebagai berikut.

Harus Bangun Pagi


Kegiatan OSPEK kurang lebih dilakukan selama seminggu. Mulai dari pengenalan kampus dari tingkat Universitas, lalu diperkecil ke tingkat fakultas, jurusan lalu  terakhir program studi. 

Selama program kegiatan tersebut, jangan sampai ada hari kesiangan ya. Karena salah satu nilai yang dilatih pada kegiatan ini adalah kedisiplinan kamu. Jadi jangan sampai nilai disiplin diri kamu buruk karena alarm subuh berbunyi tapi cuma dimatikan lalu lanjut tidur.

Minta bantuan orang terdekat tempat kamu tidur untuk dibangunkan. Kalau merasa kamu sulit menakhlukan enaknya meringkuk dalam selimut di pagi hari.

Mencatat Informasi Tentang OSPEK


Informasi yang disampaikan berkaitan dengan hal yang wajib dibawa saat OSPEK harus diingat baik-baik. Jangan sampai atribut yang diperlukan sampai lupa disiapkan. 

Catat semua keperluan ospek
Catat Keperluan Ospek

Catat semua yang disampaikan senior saat menyebutkan barang-barang yang perlu dibawa saat kegiatan ospek. Karena jika sampai ketahuan ada yang tidak kamu bawa, bisa dijadikan alasan kamu perlu ditertibkan oleh senior.

Sarapan dan Membawa Bekal 


Jangan tidak makan pagi sebelum berangkat ke kampus. Karena kegiatan sangat membutuhkan tenaga yang prima dan bersemangat. Seperti misalnya kamu harus lantang menyanyikan yel-yel atau merapikan barisan di bawah terik matahari pagi. Walaupun masih pagi tapi kan tetep cekit-cekit kalau lama di jemur.

Selain menyiapkan untuk sarapan, bekal makan siang juga perlu dipikirkan ya. Karena kegiatan biasanya dilakukan dari pagi sampai sore. Jadi lebih baik bawa bekal saja karena mengingat kegiatan yang padat dan juga kantin pasti akan berjubel di jam makan siang.

Ramah Pada Senior dan Berteman dengan Sesama Peserta


Tidak perlu terlalu mencari perhatian dengan senior. Biasa saja, tetap sopan saat bertemu dengan menyapa dengan ramah. Karena sikap seperti itu sangat aman. Kamu akan dianggap adik yang baik dan penurut oleh senior.

Tips aman dan nyaman ospek
Berteman dan Ramah

Berbeda cerita jika kamu terlalu berlebihan mencari perhatian, kamu akan dikenal kurang baik oleh senior. Sama halnya jika kamu malah terlihat sombong dan jarang menyapa. Sikap seperti itu sangat rawan dicap senior sebagai junior yang perlu 'ditertibkan'.

Selain membangun hubungan baik dengan senior. Sesama peserta juga kamu harus berteman baik. Karena sebagai kelompok yang memiliki nasib yang sama, kalian butuh saling tolong menolong. Mulai dari persiapan atribut yang dibutuhkan untuk ospek. Sampai teman ngobrol kamu saat makan siang di tempat yang baru.

Bahagia Menjalani Seluruh Kegiatan dan Tetap Waspada 


Mewaspadai kegiatan ospek agar terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan. Walaupun peraturan tegas telah ditetapkan dalam kegiatan ospek saat ini, namun sikap waspada harus selalu ditanamkan.

Jika kegiatan dirasa melenceng dari hal yang lazim. Jangan sungkan untuk mengingatkan senior agar lebih berhati-hati. Pada bagian inilah peran pertemanan sesama peserta ospek diperlukan. Jumlah peserta yang lebih banyak, seharusnya mampu untuk mencegah hal yang merugikan. Jadi harus kompak ya.

Jalani saja semua rangkaian kegiatan dengan bahagia. Sebenernya sangat lucu kegiatan ospek ini untuk diingat setelah beberapa waktu setelah berakhirnya ospek. Kamu akan tertawa-tawa menceritakan kenangan ospekmu dengan teman senasib atau siapapun.

***
Tidak ada yang tidak bernilai pada tiap kejadian. Ambil makna dibalik kegiatan yang dijalani di kampus. Jadi jangan sampai merasa terbebani pada yang kamu jalani. Enjoy saja, kakak seniormu juga manusia kok. Selamat berjuang adik-adik maba semua. :D

Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

9 comments:

  1. Waspada, waspada.. Senior lewat!
    Lah, wong seniornya rata² teman main 😆
    *Ini teman saya, yang dulu sekolah gak naik kelas. Ya, jadi teman²nya mendahului dia.. Haha..

    By the way, Nice Info.. Thanks for sharing, Adioos!

    Salam Brother!

    ReplyDelete
  2. Ospek yah...

    Jdi ingat dulu pass waktu mo masuk smk di suruh bawah tas karung Ama tali pinggang terong. Jalan jalan sambil nyanyi.


    ReplyDelete
  3. alhamdulillah sudah melewati masa-masa ospek yang penuh dengan cerita satu tahun yang lalu :D

    ReplyDelete
  4. Kalau di kampus saya ospek sekarang tidak sekeras dulu, ya bentak bentak doang lah ga nyampe gampar kaya dulu

    ReplyDelete
  5. Senangnya aku, aku sudah melewati masa-masa ospek, tapi kangen sih sebenarnya. Pengen ospek lagi dong aku baca artikel ini. Hiks...

    ReplyDelete
  6. Kadang ospek menjadi bias, jadi ajang balas dendam senior pada juniornya.
    Kalo dulu kami ospek damai mba.
    Juniornya kami kasih makan siang lengkap dengan buah.
    Kami suruh makan buahnya dulu sama air. Trs lauknya, sayurnya baru nasinya.
    Terakhir baru kamu suruh makan sambelnya. Damaikan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. damai banget itu lah mas, hahaha, kasian makan sambel di akhir,

      kalau saya ga pernah di ospek sama senior di kuliah, karena ga punya senior, wahaha

      Delete
    2. Seniornya keburu berangkat penempatan yah mas

      Delete
  7. Untung Zaman saya dulu belom ada ospek wkwk...
    Jadi aman... hehee...

    ReplyDelete